My friend

Senin, 01 Februari 2010

Timnas futsal

Timnas Futsal Nantikan Dukungan Masyarakat

tuanrumah2010.gif Tiga pekan ke depan, Indonesia akan menjadi tuan rumah babak kualifikasi zone ASEAN Kejuaraan Futsal Asia 2010, tepatnya pada 20 hingga 25 Februari mendatang di Tenis Indoor, Gelora Bung Karno, Senayan. Tujuh tim dari 11 negara Asia Tenggara akan beradu ketangguhan untuk memperebutkan tiga jatah dari regional ini yang berhak tampil di putaran-final Kejuaraan Futsal Asia 2010, 23-30 Mei di Tashkent, Uzbekistan.

Tim tuan rumah, Indonesia, di babak kualifikasi ini akan bergabung di penyisihan grup A bersama tim negeri Kanguru Australia dan Myanmar, sementara Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Filipina bergabung di penyisihan grup B

Dua tim terbaik setiap grup kemudian dipertemukan secara silang di babak semifinal. Pemenang babak semifinal lalu berlaga untuk menentukan peringkat teratas, sementara dua semifinalis yang kalah berlaga untuk memperebutkan urutan ketiga yang sekaligus satu jatah tersisa ke putaran-final.

Sudah 12 tim yang lolos ke putaran-final Kejuaraan Futsal Asia 2010 ini. Ke-12 tim tersebut adalah, Kyrgistan, Tajikistan dan Turkmenistan yang menjadi wakil dari zone Asia Tengah & Selatan, Lebanon, Irak dan Kuwat wakil dari zone Asia Barat, Cina, Jepang dan Taipei yang representasi zone Asia Timur, serta tentu saja juara bertahan Iran, runner-up Kejuaraan Futsal Asia 2008 Thailand dan tuan rumah Uzbekistan.

Iran adalah raksasa futsal Asia, dengan mendominasi sembilan gelar dari 10 kejuaraan terakhir. Dominasi Iran hanya dicederai oleh tim Jepang, yang mengalahkan mereka di babak semifinal Kejuaraan Asia 2006. Jepang kemudian merebut gelar kejuaraan 2006 itu dengan mengalahkan Uzbekistan, saat putaran-final juga digelar di Tashkent.

Dukungan dari masyarakat pecinta futsal tanah air, khususnya Jabodetabek, tentunya tak bisa dipuingkiri akan mewarnai perjuangan timnas futsal Indonesia untuk meloloskan diri dari babak kualifikasi zone ASEAN dan berkiprah di putaran-final Kejuaraan Asia 2010 ini.

"Dukungan dari masyarakat tentu saja sangat kami harapkan, dengan senantiasa terus menyaksikan penampilan teman-teman pemain di lapangan pertandingan," ujar Darius Sinathriya, manajer timnas futsal Indonesia, di sela-sela acara launching timnas Indonesia di Tribeca Cafe, Citywalk Sudirman, Sabtu (30/1) siang.

Pesinetron, presenter sekaligus penyuka olahraga ini yakin pecinta futsal di Jakarta dan sekitarnya akan "menyatu" dengan perjuangan para pemain.

"Materi pemain dalam timnas Indonesia ini sudah cukup dikenal oleh penikmat futsal," ungkap Darius Sinathriya yang selama hampir dua bulan ini nyaris tak pernah absen menyaksikan para pemainnya berlatih di Semanggi Futsal Expo, kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Untuk lebih mempererat kedekatan pemain timnas dengan penggemarnya, manajemen timnas futsal Indonesia merencanakan untuk menggelar beberapa even menjelang penampilan mereka di babak kualifikasi zone ASEAN Kejuaraan Futsal Asia 2010 ini. Diantaranya, dengan menggelar futsal on the road dan fast game Kedua kegiatan yang direncanakan pada Minggu (31/1) dan Jumat (5/2) ini dilakukan dengan melibatkan keikutsertaan masyarakat ibukota.

"Ini merupakan upaya kami untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat," papar Darius Sinathriya.

Menurut rencana, acara futsal o the road dilaksanakan pada Minggu pagi di mana seluruh pemain timnas futsal Indonesia akan melakukan 'aksi' jalan kaki dari kawasan Senayan hingga bundaran Hotel Indonesia di Thamrin. Acara ini juga akan dimeriahan oleh sejumlah artis atau selebritis, yang dikoordinir oleh Gusti Randa, yang kini juga menjabat Ketua Badan Futsal Nasional (BFN).

"Masyarakat bisa mengikuti acara ini dengan bersama-sama berjalan kaki dari Senayan menuju kawasan HI," kata Andi Zamzani, dari LOC babak kualifikasi zone ASEAN.

Disamping agar lebih memperkenalkan timnas futsal Indonesia, acara ini sekaligus untuk menggelorakan kelangsungan babak kualifikasi zone ASEAN Kejuaraan Futsal Asia 2010 tersebut.

Motivasi Pemain

Ketua Umum PSSI H.A.M Nurdin Halid mengakui, perjuangan timnas futsal Indonesia untuk meloloskan diri ke putaran-final cukup berat. Oleh karena itu, ia mengharapkan para pemain timnas dapat memanfaatkan secara optimal kesempatan berlaga di hadapan pendukungnya sendiri.

"Dukungan luar biasa dari masyarakat ini harus meningkatkan motivasi dan semangat juang para pemain," harap ketua umum PSSI.

Kendati demikian, Nurdin Halid cukup optimistis, dengan melihat track-record dari para pemain timnas futsal Indonesia, peluang untuk bertarung di Tashkent sangat besar.

"Sangat penting bagi para pemain untuk senantiasa bertanding dengan semangat juang luar biasa, dan tidak memandang enteng lawan," harap ketua umum PSSI Nurdin Halid.

Koordinator Panitia Penyelenggara babak kualifikasi zone ASEAN Kejuaraan Futsal Asia 2010 Ferry Paulus, mengutarakan, sukses menjadi tuan rumah dan sekaligus suksesnya timnas futsal Indonesia lolos ke putaran-final adalah dua target yang dikejar.

Ferry Paulus yang juga anggota Komite Eksekutive (Exco) dan ketua Komite Futsal PSSI juga mengharapkan adanya dukungan dari sponsor untuk menunjang suksesnya penyelenggaraan even ini. "Kami akan berjuang keras untuk menyukseskan even ini," janji Ferry Paulus.(adi) .

18 Pemain Timnas Futsal Indonesia: Ade Lesmana (kiper/32), Alfiansyah Nur Arochnan (20), Muhammad Amril Daulay (23), Angga Surya Saputra (23), Beny Hera (28), Deny Handoyo (29), Hairul Saleh Ohorella (29), Ali Haidar (21), Hendri Kurniawan (23), Jefri Purba (25), Jailani Ladjanibi (25), Kerismawan (27), Sayan Karnadi (27), Socrates Matullessy (26), Ahmad Surya Maulana (25), Vennard Hutabarat (37), Yos Adi Wicaksono (27), Indra (23).

0 komentar: